23
Mar

Intisari Program

Perubahan payment system di Indonesia dari fee for services ke Ina-CBGs akan berdampak pada pelayanan di rumah sakit, dimana saat menggunakan fee for services fasilitas kesehatan bisa dengan leluasa memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien, karena semua pelayanan tersebut akan dibayar oleh pesien atau penjamin (asuransi). Namun dalam Ina-CBGs fasilitas pelayanan kesehatan harus mampu memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien dengan tetap menjaga mutu layanan dan efisien dalam penggunaan sumber dayanya.

Strategi yang tepat dibutuhkan untuk dapat bertahan dan berkembang dalam implementasi Ina-CBGs. Dalam penyusunan strategi hal pertama yang dapat dilakukan rumah sakit adalah memanfaatkan data rumah sakit yang selama ini dikumpulkan, seperti data rekam medis, data keuangan, data sistem informasi dan data lainnya. Data tersebut dapat digunakan untuk menyusun clinical pathway, melakukan evaluasi clinical pathway dan melakukan identifikasi kasus dengan penggunaan sumber daya yang besar. Salah satu bentuk pemanfaatan data dapat dibantu dengan “Tools pengembangan pra-clinical pathway dan evaluasi clinical pathway”

Workshop ini secara khusus dirancang untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Outline Materi

Hari 1. Pemahaman Konsep DRG dan Pengenalan Penggunaan Data Rumah Sakit

  1. Pengenalan metode pembayaran DRG/CBG
  2. Strategi rumah sakit untuk bertahan dan berkembang dalam implentasi Ina-CBGs
  3. Latihan analisis data rumah sakit

 Hari 2. Analisis Data Rumah Sakit

  1. Urgensi pengembangan clinical pathway
  2. Penyusunan clinical pathway
  3. Pengenalan “tools pengembangan pra-clinical pathway dan evaluasi clinical pathway”
  4. Latihan dan Presentasi: Analisis data rumah sakit menggunakan “tools pengembangan pra-clinical pathway dan evaluasi clinical pathway

Metoda Pelatihan
Pemaparan Materi, Diskusi, Latihan dan Presentasi

Waktu dan Pelaksanaan
Hari/Tanggal    : Rabu-Kamis, 27-28 April 2016
Waktu              : 08.30 – 17.00 WIB
Tempat             : Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center
Jl. Let. Jend.  T.B. Simatupang Kav. 9 Kebagusan Jakarta  Selatan

 

Investasi
Rp 3.000.000 /peserta (pembayaran dilakukan 2 minggu sebelum pelaksanaan)

Diskon 10% untuk Alumni Hospital Management Program CHAMPS FKM UI

  •  Investasi ditransfer ke BNI Cab.UI Depok Rek 0115303370 a.n Pusat kajian AKK FKM UI
  • Investasi belum termasuk biaya penginapan bila Anda dari luar kota
  • Biaya administrasi untuk transfer antar bank atau luar kota ditanggung klien

 

Fasilitas

Workshop Kit, Materi, Buku manual penggunaal tools “pengembangan pra-clinical pathway dan evaluasi clinical pathway”, Setifikat, Makan Siang, Coffe Break

 

Fasilitator

ProfBudi Hidayat, SKM, MPPM, Ph.D
Budi Hidayat (SKM, Universitas Indonesia; MPPM, Universitas Southern California; Ph.D University of Heidelberg) adalah seorang Profesor di bidang Ekonomi Kesehatan dan Asuransi Kesehatan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Beliau mendapat beasiswa dari  RAND Corporation, Los Angeles, USA (2000-2001), Asisten Profesor Universitas Southern California (2000-2001) dan peneliti di University Heidelberg Germany (2002-2003). Budi Hidayat telah memberikan konsultasi untuk berbagai lembaga dan donor. Penelitian beliau berfokus pada teknik ekonometrik di bidang ekonomi kesehatan, sistem pembayaran penyedia pelayanan kesehatan, analisis biaya, analisis ekuitas, pengukuran hasil, pembiayaan dan pelayanan kesehatan bagi populasi rentan. Beliau telah menerbitkan belasan artikel dalam jurnal baik nasional dan internasional. Budi Hidayat menerima berbagai penghargaan untuk prestasinya dalam area penelitian, pengajaran dan komunitas.

Dr. Atik Nurwahyuni, SKM, MKes
Atik Nurwahyuni (Diploma, Akademi Analis Kimia; SKM, Universitas Indonesia; Mkes Ekonomi Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Universitas Indonesia). Atik Nurwahyuni menyelesaikan doktoralnya di Universitas Indonesia dengan penelitian “Pengembangan Model Penetapan Tarif Rawat Inap di Rumah Sakit berdasarkan Ina-CBGs (Studi Kasus CMG O). Beliau banyak melakukan penelitian dan berperan besar dalam pengembangan Clinical Pathway dan Ina-CBGs.

Info Lengkap dan Pendaftaran

Pusat Kajian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (PKAKK)/Center for Health Administration and Policy Studies (CHAMPS)
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

                                                   

Telpon/Fax : 021-7867370
HP/ Whatsapp : 085883633044/08568246932 (sdri. Dini/Ata)
Email               : champsui09@gmail.com/champsui08@yahoo.co.id
Web                 : champs.fkm.ui.ac.id
Alamat             : Ruang G.312, Lt. 3, Gedung G, Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Indonesia, Kampus Baru Depok

 

*) Sebagai bentuk kontribusi dalam upaya pembangunan kesehatan Indonesia, CHAMPS FKM UI membuka diri seluas-luasnya untuk konsultasi, pendampingan dan pelatihan. CHAMPS FKM UI menyediakan in house training dengan tema diatas atau tema lain di bidang kesehatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan institusi anda.

0 No comments
0 comments